Sudah pantaskah kita?

Beberapa minggu ini saya sedikit tertarik dengan kata “memantaskan diri“. Tambah menarik lagi ketika  mengutip ayat “Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah nasib suatu kaum kecuali kaum itu sendiri yang mengubah apa-apa pada diri mereka (QS 13:11)” ketika tadarus bersama selepas taraweh di masjid tadi.

Yap, memantaskan diri…terkadang kita punya impian setinggi langit. Tapi sudahkan kita “pantas” untuk menggapai impian itu. Ibarat menaruh impian di atas bangunan tinggi, tanpa fondasi yang dalam robohlah bangunan itu. Semakin tinggi impian, semakin dalam fondasi yang dibutuhkan.

Ketika ujian saat sekolah dulu kita memantaskan diri dengan belajar tekun demi impian nilai yang baik. Tugas kita memantaskan diri, selebihnya Allah yang akan memberi. Saat melamar pekerjaan memantaskan diri dengan IPK yang mencukupi, selebihnya jalan Allah yang akan membimbing. Saat memilih berwirausahapun memantaskan diri dengan mempersiapkan segala kemungkinan dan mental baja, selebihnya rezeki Allah yang akan mengikuti.

Allah akan memberi saat kita “pantas” untuk menerimanya. Yang menjadi pertanyaan sudah “pantas” kah kita?

Bermimpi memiliki rumah sendiri tapi tak kunjung cari informasi berapa harga tanah, berapa biaya membangun bangunan, atau sekadar menanyakan kerdit perumahan. Mana kita tahu sejauh mana kesiapan atau seberapa pantasnya kita?!

Bermimpi memiliki earning di atas 20jt tapi masih aja berkutat dengan aktivitas yang sama. Tidak kunjung bergerak mencari peluang-peluang yang ada. Mana bisa kita tiba-tiba kaya?

Bermimpi memiliki pasangan yang ideal…. harus cantik, tak hanya santun tapi berasal dari keluarga terpandang  (kalo ini korban iklan ^^) tapi tak kunjung move on dari keadaan. Mana bisa ketemu jodohnya????

Sekali lagi sudah pantaskah kita?

Tugas kita adalah memantaskan diri dan selebihnya Allah memberi…

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s