Andapun bebas bermimpi

You dream of who you would like to “BE”

You dream of things you would like to “DO”

You dream of what you would like to “HAVE”

You dream of places you would like to “GO”

Sepenggal cuplikan dari Millionare Mindset yang saya jadikan sticky note di desktop. Menjadi penyemangat setiap kali membuka laptop dan memulai aktivitas harian. Sebagai nutrisi jiwa bahwa saya bebas bermimpi untuk menjadi apa, melakukan (pekerjaan) apa, memiliki apa, atau mengunjungi tempat-tempat eksotis yang sebelumnya hanya bisa di bayangkan.

Saat duduk di bangku taman kanak-kanak masih fresh terngiang ketika ibu guru bertanya, besok kalau sudah gedhe mau jadi apa anak-anak…? Sontak menjawab mau jadi polisi, presiden, dokter, insinyur atau profesi populer lain yang menggiurkan. Kita bebas mengekspresikan cita-cita, menjajal pakain mereka yang kemudian terbingkai rapih dalam foto kenangan masa kanak-kanak. Dan tentu, orang tua akan bangga memajang potret wajah imut dan polos dalam balutan seragam impian.

Sungguh kontras ketika saya masuk sebagai narasumber sebuah program inkubasi bisnis dengan holder salah satu universitas negeri di Yogyakarta. Wajah lesu, tertunduk, awan gelap menggelayuti tiap pemikiran-pemikiran mereka. Duh! Mana semangat sebagai business owner, sebagai entrepreneur calon tonggak-tonggak perekonomian bangsa. Saat ditanya, cita-cita Anda apa? Tatapan bingung, lirik kanan…lirik kiri berharap contekan. Haduhhh…ini tentang impian ya, mana ada contekan tentang impian…

Jujur saat beranjak dewasa mayoritas “malu” atau justru “takut” berbicara tentang mimpi. Bayangan akan kegagalan selalu menggelayut. Ah saya ndak tau impian saya apa… Itu jawaban yang selalu saya dapatkan. Yah, siapa bilang setelah dewasa tidak boleh bermimpi? Siapa bilang setelah dewasa tidak boleh punya cita-cita. Justru gawat ketika kita dewasa namun tidak memiliki cita-cita. Hidup akan monoton dan masa depan belum tentu akan secerah masa lalu…

You dream of who you would like to be. Apapun profesi Anda sekarang, tetap bebas untuk bermimpi menjadi seperti apa yang di impikan. Seorang PNS masih bisa bermimpi merengkuh karir yang lebih bagus, misal menjadi kepala dinas. Seorang karyawan masih bisa bermimpi menjadi manager di perusahaan besar. Seorang dosen bisa bermimpi menjadi dekan atau justru rektor. Dan bukan hal yang mustahil bukan untuk menjadi seorang menteri atau bahkan presiden. Pengusaha pun bebas menentukan cita-cita ingin menjadi bupati, walikota, atau jabatan strategis lainnya. Belum terlambat untuk bermimpi sesuai cita-cita Anda.

You dream of things you would like to do. Bermimpi tentang apa yang akan Anda lakukan. Bercita-cita mencapai kebebasan finansial hanya dengan bekerja di rumah pun boleh menjadi impian. Bekerja dirumah sendiri sambil mendampingi buah hati melalui masa-masa golden periode. Menentukan kapan bekerja kapan istirahat. Bekerja dimana saja kapan saja. Semua dapat dijadikan cita-cita. Apakah bisa? Bisa saja dengan dukungan teknologi saat ini. Bukan tidak mungkin pundi-pundi dollar mengalir kerekening Anda dengan customer / client dari penjuru dunia sementara aktivitas sehari-hari hanya dirumah.

You dream of what you would like to have. Bagi saya bukan hal tabu untuk bercerita tentang apa yang ingin saya miliki. Ruah tropis, mobil impian, dan keluarga yang saya dambakan. Saya genggam erat itu. Saat mahasiswa saya selulu mendambakan gadget yang mumpuni, yang mampu mendukung kinerja saya. Meski saat itu sulit secara logis untuk memiliki, tapi Alhamdulillah selalu ada jalan…

You dream of places you would like to go. Impian seperti ini yang masih lemah di lingkungan sekitar. Coba tanyakan rekan dekat Anda. Setahun kedepan pengen mengunjungi mana saja? Rata-rata akan gelagapan atau justru diam seribu bahasa. Sangat berbeda dengan beberapa teman asing (bukan WNI) yang menurut saya “well planned”. Semua terencana. Saya pun seperti itu. Selama 2 tahun terakhir saya selalu membuat rencana / impian tempat-tempat yang ingin saya kunjungi, entah dalam negeri maupun luar negeri. Membuat rencana-rencana seperti ini akan membuat Anda fokus. Mempersiapkan sejak awal, berburu tiket promo pesawat, ataupun voucher hotel.

So, apa cita-cita Anda saat ini?

#sukses menyertai kita

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s