Coca-Cola : Pemuda Berani Mengubah

    1. Program: Program Pemuda Berani Mengubah (“Program”) adalah program yang mengundang pemuda Indonesia untuk berbagi ide-ide perubahan untuk Indonesia yang lebih baik. Program ini diselenggarakan oleh Coca-Cola Indonesia (“Penyelenggara”) dan dilaksanakan oleh pihak yang ditunjuk Penyelenggara untuk melaksanakan penyelenggaraan Program (“Panitia”). Ide-ide perubahan yang diajukan oleh anda sesuai dengan Peraturan Resmi ini untuk diikutsertakan dalam Program disebut bagai Karya (“Karya”). Peserta tidak akan diminta untuk melakukan pembayaran apapun untuk mengikuti program ini.
    2. Kelayakan Peserta: Program ini terbuka bagi setiap orang yang memenuhi persyaratan sebagai berikut:
      1. Warga Negara Indonesia;
      2. Bertempat tinggal di wilayah Indonesia;
      3. Berusia lebih dari 12 tahun. Bagi peserta dengan dengan umur dibawah dua puluh satu ( 21) tahun harus mendapatkan persetujuan tertulis terlebih dahulu dari orangtua atau walinya yang sah untuk mengikuti Program ini, dan harus menunjukkan persetujuan tertulis tersebut ketika diminta oleh Penyelenggara. Formulir persetujuan orangtua atau walinya yang sah dapat dilihat pada Lampiran I;
      4. memiliki kartu identitas diri yang masih berlaku (KTP atau Paspor atau Kartu Pelajar); dan
      5. bukan anggota keluarga atau karyawan dari Panitia,Penyelenggara dan afiliasinya, termasuk perusahaan pembotol, distributor, agen periklanannya.
    3. Periode Pengumpulan Karya: dimulai pada 00:00:01 Waktu Indonesia Bagian Barat pada tanggal 28 Oktober 2012 dan berakhir pada 23:59:59 Waktu Indonesia Bagian Barat pada tanggal 30 November 2012 (“Periode Pengumpulan Karya”). Pengajuan Karya harus melalui website www.coca-cola.co.id dengan mengisi formulir yang telah disediakan sebagaimana disebutkan dalam Peraturan #4, maka jam komputer Panitia adalah jam resmi untuk Program dan semua Karya akan ditandai dengan waktu yang sesuai.
    4. Cara Ikut Serta: Anda dapat mengajukan Karya Anda melalui website www.coca-cola.co.id dengan mengisi formulir yang bisa diakses melalui website www.coca-cola.co.id Anda diharapkan untuk mengisi baik pertanyaan maupun pernyataan yang diberikan di dalam formulir tersebut.Dalam Program ini terdapat 3 pilihan kategori, yaitu :Personal Wellbeing meliputi bidang Olahraga & Gaya Hidup Aktif Yang Sehat, Social Wellbeing meliputi bidang Pendidikan & Pemberdayaan Masyarakat sertaEnvironmental Wellbeing meliputi bidang Konservasi Air & Daur Ulang Sampah. Anda dapat mengirimkan Karya sebanyak – banyaknya selama Periode Pengumpulan Karya, tetapi masing – masing Karya harus merupakan ide asli yang unik dan berbeda dan juga harus diajukan dengan pendaftaran baru yang terpisah untuk masing-masing Karya. Anda mempunyai kebebasan berkreasi sepenuhnya untuk membuat ide yang akan memikat Panitia dan DewanJuri, dengan syarat pembatasan yang ditetapkan di Peraturan #5 dan #6 di bawah ini.Sesuai dengan semangat berbagi yang menjadi dasar dalam Program ini, maka bagi Karya Peserta yang tepilih sebagai 3 (tiga) Karya Terbaik, Peserta mengijinkan Karya miliknya dan dokumentasi perwujudan dari Karya tersebut yang dibuat oleh Penyelenggara untuk Program, untuk digunakan dan/atau disebarluaskan oleh Penyelenggara dan induk perusahaan Penyelenggara yaitu The Coca Cola Company, di jejaring media sosial dan mediakonvensional tanpa ada pembatasan dan tanpa ada kompensasi apapun di seluruh dunia selama-lamanya.
    5. Persyaratan Karya : Karya harus merupakan ide orisinil yang dibuat oleh peserta dan diajukan ke formulir yang dapat diakses dari website resmi www.coca-cola.co.id. Formulir tersebut harus Anda isi dengan lengkap,. Jika formulir yang Anda isi tidak lengkap, maka panitia akan menggugurkan karya Anda dan Anda tidak berhak mengikuti proses seleksi. Setiap Karya harus memenuhi kriteria seleksi dan penjurian sebagaimana disebutkan di peraturan #6.Karya – karya harus :
      1. asli dan tidak melanggar hak pihak ketiga manapun termasuk, tetapi tidak terbatas pada hak cipta, hak merek dagang, atau hak privasi atau publisitas, atau hak-hak atas kekayaan intelektual lainnya
      2. diajukan dan dan didaftarkan oleh suatu individu peserta, tetapi Anda boleh berkolaborasi dengan orang lain dalam membuat karya; dengan ketentuan bahwa Anda memiliki hak sepenuhnya dalam dan atas karya Anda ;
      3. belum pernah ada sebelumnya, dan belum pernah memenangkan penghargaan atau Program sebelumnya;
      4. tidak mempromosikan allkohol, obat – obatan ilegal, rokok, senjata/senjata api (atau menggunakannya);
      5. atau mempromosikan agenda atau pesan politik apapun;
      6. tidak mengandung informasi identitas perorangan yang dapat dikenal mengenai seseornag lain selain peserta, seperti nomor plat kendaraan, nama pribadi, alamat email, atau alamat tempat tinggal. Jika peserta menyertakan identitas personal dirinya, peserta menerima dan menyetujui bahwa informasi – informasi tersebut dapat diungkapkan ke publik dan peserta sepenuhnya bertanggung jawab atas konsekuensinya.
      7. Tidak melanggar hukum apapun
      8. Tidak menjurus ke pornografi, cabul atau aktivitas yang tidak pantas,panggilan atau konotasi rasis atau seksual, bahasa yang menghina, kecabulan atau materi apapun yang memfitnah atau mencemarkan nama baik, atau dapat menyinggung, atau meremehkan sebuah perkumpulan atau individu, termasuk, tanpa batasan, perilaku meremehkan ras, jender atau agama
      9. Tidak menunjukkan nama merek, logo atau merek dagang selain milik Penyelenggara, yang mana peserta mempunyai izin terbatas untuk menggunakannya semata – mata untuk kepentingan menciptakan dan mengunggah karya dalam Program ini dan
      10. Tidak meremehkan atau menyalahi merek – merek milik Coca-Cola Indonesia atau, simbol dan logo merek – merek milik Coca-Cola Indonesia atau orang atau pihak lain yang berhubungan dengan Program dan Penyelenggara. Panitia dan Penyelenggara memiliki hak untuk tidak mempertimbangkan, dan untuk menghilangkan, karya apapun yang mereka anggap, semata – mata karena, pertimbangan subjektif mereka, sebagai tidak pantas dan/atau tidak mematuhi Peraturan Resmi dan tidak akan melakukan diskusi atau komunikasi dalam bentuk apapun dengan peserta tersebut atau siapapun sehubungan dengan karya tersebut. Seluruh keputusan Panitia, Penyelenggara dan/atau Dewan Juri adalah final dan mengikat.
    6. Kriteria Seleksi dan Penjurian : Karya yang berhak diikutkan dalam Program harus memenuhi persyaratan Karya sebagaimana tertera dalam peraturan #5 dan menunjukkan keunggulan berdasarkan kriteria sebagai berikut :
      • Kreatifitas dan keaslian – 20% 
        Karya harus unik dan berbeda, juga harus memiliki daya tarik dibanding dengan Karya yang sudah diwujudkan sebelumnya. Karya yang kreatif, tidak biasa, dan memiliki pendekatan yang unik dalam menyelesaikan suatu masalah, akan mendapatkan nilai lebih.
      • Memiliki keterkaitan dengan perubahan – 40% 
        Karya harus menunjukkan hubungan erat dengan perubahan demi Indonesia yang lebih baik. Karya yang diajukan juga harus memiliki keterkaitan dengan 3 kategori yang ditentukan, yakni : Personal, Social & Environmental Wellbeing.
      • Memiliki keberlanjutan dan dapat menginspirasi orang lain- 30% 
        Ketika Karya ini diwujudkan, Karya harus memiliki keberlanjutan untuk menyejahterakan kehidupan sosial sesuai dengan sasaran, tidak hanya berorientasi pada kebutuhan jangka pendek, dan berdampak pada banyak orang. Karya juga harus dapat menginspirasi banyak orang dan mengilhami orang lain untuk mendukung, dan mengadopsinya di lingkungan mereka masing – masing.
      • Memiliki Hubungan dengan Coca Cola – 10% 
        Karya yang diajukan harus memiliki keterkaitan dengan karakter Coca – Cola, yaitu fun, berani, penuh semangat, dan optimis.
    7. Seleksi Karya dan Penjurian Karya Terbaik : Setiap karya akan dipantau dan disaring oleh Panitia untuk memastikan kepatuhan terhadap segala persyaratan yang ditentukan dalam Peraturan Resmi ini.Seleksi Karya : Panitia akan menyeleski semua Karya yang diajukan berdasarkan syarat dan criteria yang ditetapkan dalam peraturan #5 dan #6 diatas. Proses penjurian dibagi menjadi 3 tahap :
      1. Tahap Pertama Dewan juri akan memilih total 30 (tiga puluh) semi finalis dari masing – masing kategori (Personal, Social & Environmental Wellbeing) 
      2. Tahap Kedua :Dewan Juri akan memilih 9 (semibilan) finalis yang akan dihubungi melalui telepon untuk sesi wawancara
      3. Tahap Ketiga : Dewan juri akan menetapkan 3 (tiga) pemenang ide terbaik dari masing – masing kategori.

      Penjurian Karya: Penjurian akan dilakukan oleh Dewan Juri yang terdiri dari :

      1. Pemuda Pelaku Perubahan – Pandji Pragiwaksono
      2. Pemuda Pelaku Perubahan – Alanda Kariza
      3. Pemuda Pelaku Perubahan – Angga Sasongko
      4. Pemuda Pelaku Perubahan – Gorris Mustaqim
      5. Perwakilan Coca-Cola Indonesia – Titie Sadarini

      Demikian nama – nama diatas disebut dengan (“Dewan Juri”).
      Dewan Juri akan menyeleksi Karya yang masuk dan akan memilih 3 (tiga) Karya terbaik dari masing – masing kategori (Personal, Social & Environmental wellbeing).
      Keputusan Panitia dan Dewan Juri adalah final dan mutlak. Para peserta tidak memiliki hak untuk menggugat keputusan Panitia dan Dewan Juri. Penyelenggara, Panitia dan Dewan Juri tidak melakukan pembicaraan, negosiasi atau memberi penjelasan mengenai keputusan Panitia & Dewan Juri.

    8. Pengumuman Karya Terbaik : 3 karya terbaik akan diumumkan tanggal 17 Desember 2012 di website resmiwww.coca-cola.co.id. Peserta dengan karya terbaik akan dihubungi oleh Pihak Panitia melalui alamat email yang terdaftar di Panitia (“Email Peserta”) melalui alamat Email Panitia untuk proses verifikasi. Peserta dengan 3 (tiga) karya terbaik ini bersedia untuk menandatangi dokumen – dokumen terpisah sehubungan dengan penggunaan Karya dan dana dukungan yang akan diberikan.
    9. Dana Dukungan untuk Mewujudkan Karya 
      Panitia akan membantu peserta terpilih untuk mewujudkan 3 (tiga) Karya terbaik dengan dukungan dana sebesar Rp. 20.000.000,- (dua puluh juta rupiah) dan kesempatan untuk mendapatkan mentoring dari lembaga swadaya terkait dengan masing – masing kategori. Dana dukungan akan dikirimkan ke Rekening peserta terpilih.
    10. Kewajiban Peserta Terpilih : Peserta terpilih berkewajiban untuk :
      1. Mengikuti dan menyelesaikan semua kegiatan yang ditetapkan oleh Panitia termasuk mewujudkan Karya, melaporkan perkembangan perwujudan Karya dan memberikan rincian pengeluaran terkait.
      2. Melakukan dokumentasi proses perwujudan Karya sesuai dengan arahan dan aturan yang ditetapkan oleh Panitia.
      3. Mengikuti seluruh kegiatan yang terkait dengan promosi Program yang ditetapkan oleh Panitia.

      Dengan mengikuti Program ini, Anda (dan jika anak di bawah umur, orang tua dan wali Anda yang sah). mengetahui bahwa dana progam akan diberikan “apa adanya” dan Penyelenggara dan Panitia tidak memberi jaminan, garansi atau perwakilan dalam bentuk apapun, baik secara tersurat atau tersirat, secara fakta maupun hukum, sehubugan dengan dana program atau penggunaan dana program, nilai atau keuntungan dari dana program.

    11. Dokumentasi : Dengan mengikuti Program ini Anda memberikan izin sepenuhnya kepada The Coca Cola Company dan anak perusahaannya, afiliasi dan perusahaan pembotolan, serta pihak – pihak lain yang ditunjuk oleh perusahaan (semua pihak ini disebut “pihak – pihak yang mendapatkan izin”), untuk menggunakan, menyiarkan dan memublikasikan, dan hak untuk advertorial, promosi, serta untuk kepentingan hubungan masyarakat (humas, media, dan untuk kepentingan lainnya, nama, biografi, foto, video atau pun reproduksinya, di berbagai media yang ada atau sedang dikembangkan yang cakupannya global tanpa batas, untuk kepentingan yang terkait dengan Program“Pemuda Berani Mengubah” 

Advertisements

2 thoughts on “Coca-Cola : Pemuda Berani Mengubah

  1. Zenna Rangga Thuva

    Salam sejahtera

    saya adalah salah satu pemuda yang sangat senang dengan adanya kompetisi ini…! tetapi saya tidak bisa mengikuti kompetisi ini karena kurang informasi dan baru mengetahui adanya kompetisi ini pd tgl. 29 nov 2012. sehingga tidak ada persiapan.
    pertanyaan saya, apakah kompetisi ini diselenggarakan secara rutin…?

    Reply
    1. kiaracondong2012 Post author

      Saya kurang tahu rutin / ga nya untuk kompetisi ini. Di blog ini sering saya update info-info lomba. Banyak yang jadi event tahunan seperti WMM, Shell, British Council, dll Selalu update ajah di info lomba di blog ini. Salam sukses.

      Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s