Berbisnis Hingga Luar Negeri

6-Tips-for-Business-Travellers

Saat menjadi mahasiswa sungguh berat untuk memilih bisnis atau mengejar prestasi. Begitu banyak kawan-kawan berprestasi dengan IPK cumlaude bahkan sumacumlaude, wuih ngeri… Saya sendiri? Terancam cumlaude…tapi ga nembus-nembus tuh cumluade nya hahahaha…

Nah saat itu yang terfikir hanya bagaimana menjadi beda. Jika harus mengejar prestasi akademis, masih banyak yang harus saya kejar. Dan tentunya akan sangat memakan energi. Berbeda jika saya lebih mengasah kelebihan saya, ya tentu, berbisnis. Di saat kawan-kawan menggantungkan cita-cita untuk melanjutkan sekolah hingga luar negeri. Maka saya gantungkan cita-cita untuk berbisnis hingga luar negeri. Sama-sama hingga luar negeri bukan?

Padahal saat saya menggantungkan cita-cita itu, sebersit pikiran cara menuju luar negeri pun belum punya. Jangankan berbisnis, travelling ke luar negeri pun tak tahu caranya. Yang ada hanya, saya optimis bisa… “Mboh piye carane penting bisnis sampe luar negeri...”

Alhamdulillah saat tulisan ini terposting, saya sedang mempresentasikan bisnis saya di Kuala Lumpur di hadapan kolega. Meski belum jauh, satu langkah kecil telah saya tancapkan. Start from ASEAN dan kemudian mendunia. Bermimpi tinggi boleh-boleh aja bukan? Toh akan lebih memacu adrenalin saya…

Satu langkah besar berawal dari langkah kecil, berawal dari impian, visualisasikan, ceritakan….dan tahap selanjutnya wujudkan. Sama saat pertama kali saya melakukan travelling ke luar negeri. Singapore, bagi sebagian kawan mungkin biasa. Tapi bagi orang yang besar diantara hijaunya sawah seperti saya itu merupakan hal besar. Jangankan Singapore, Jakarta yang penuh dengan rimba beton pun cukup membuat terpesona.

Satu langkah awal yang saya wujudkan adalah bermimpi. Jangan dianggap mudah, banyak yang tidak berani untuk bermimpi. “Wes to, ojo gegedhen ngimpi…” atau lebih lazim disebut “cecak nguntal cagak…” orang jawa bilang. Tapi disitulah benih layu sebelum berkembang. Gimana mau punya kisah hebat jika mimpi ajah tak mampu…

Dekatkan dirimu dengan impian…

Contoh paling mudah emang travelling ke luar negeri tadi. Small step apa sih yang bisa dilakukan? Ya bikin passport. Jadi sewaktu-waktu bisa bisa berangkat, atau kebetulan sedang ada promo tiket murah. Tinggal beli. Seberapa mahal? Wah murah kok….ga sampe sejutaan kalo cuman ke Singapore, Malaysia, atau seputaran ASEAN. Kantong mahasiswa ajah cukup ^^ Yang penting satu, keinginan yang kuat niscaya semesta membantu..

So berani pasang impian? #May peace be upon us.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s