Step 2 : Memisahkan Pengeluaran Bulanan Dengan Pengeluaran Mingguan

belanja bulanan

Ada yang unik ketika saya posting tentang financial planning, hampir semua yang merespon adalah dari kalangan wanita. Sementara ketika saya bertanya kepada rekan sesama pria, jawabnya “gw kan cowok…taunya kerja, gajian kasih istri biar dia yang atur“. Duh, padahal perencanaan keuangan perlu komitmen bersama, tidak hanya wanita / istri, tapi pria / suami pun memiliki andil besar.

Ada sahabat karib SMA datang ke saya. “Ree, istri tiap bulan ganti sandal, sepatu, ama baju… Tiap liat barang bagus dia beli, apalagi kalo ada diskonan, jebol lah keuangan, gimana mau nabung beli rumah???”Β 

Saya yakin problematika di atas cukup banyak yang mengalami. Untuk itu perlu saya bahas topik lanjutan dari DAFTAR PERIKSA 100 LANGKAH RENCANA AKSI KEUANGAN.Β 

Step 2 : Memisahkan pengeluaran bulanan dengan pengeluaran mingguan.

Saya tipe orang yang hobi mengumpulkan nota atau struk belanja. Tiap akhir bulan biasa saya rekap di Excel kemudian saya evaluasi. Hahaha…seperti biasa, cukup tercengang begitu melihat total pengeluaran, banyak belanja yang sebenarnya saya TIDAK BUTUH namun karena harga promo menjadi saya beli. Adakah yang juga mengalaminya?

Jika Anda mengalami maka sebelas dua belas dengan saya. Korban diskon dan potongan harga. Nah, namun yang lebih utama adalah memisahkan dari daftar belanja tersebut (Excel) menjadi belanja bulanan maupun belanja mingguan. Buang dari daftar belanja-belanja yang tidak perlu. Kumpulkan kemudian anda mendapat daftar kebutuhan belanja bulanan dan mingguan.

Apa guna daftar belanja? Sebagai guideline yang jelas. Misal saya pergi ke Pasar Beringharjo atau Toko PROGO di sebelahnya, maka saya akan catat terlebih dahulu barang-barang yang akan saya beli. Prioritaskan membeli barang sesuai daftar! Apa pasal? Tekadang sebelum mendapatkan barang yang kita butuhkan, sudah tergiur membeli barang yang lain. Intinya sebagai kontrol menjaga iman agar keuangan tidak bocor…hahahaha…

Nah disini peran suami vital juga, tekan kan kepada istri. Yang di beli sesuai daftar belanja saja yah. Pengalaman ketika bersama kakak perempuan belanja di Toko PROGO, tujuan utama adalah beli pisau dapur. Tapi ketika melangkah di set piring…ah lucu…murah…beli ahhh…. ah ini cantik, lagi diskon…beli ah….. Duh pisau seharga seratusan ribu pulang-pulang belanja hampir lima ratus ribu. Bener-bener deh….

Oiya, memisahkan pengeluaran bulanan dan mingguan itu sekaligus sebagai kontrol. Jadi ketika habis ya resiko, tidak bisa menambah lagi. Besaran kan sudah dianggarkan sebelumnya di excel. Dan rata-rata pengeluaran bisa di prediksikan. Dalam kasus saya sendiri pengeluaran bulanan selain belanja bulanan masih ada biaya internet, biaya pulsa, biaya listrik. Sedangkan mingguan selain belanja mingguan masih ada biaya bensin. Belajar tertib ajah, ketika ga tertib ya resiko tidak ada uang sisa di akhir bulan.

Step 3 : klik disini

#peace bbe upon us

Advertisements

9 thoughts on “Step 2 : Memisahkan Pengeluaran Bulanan Dengan Pengeluaran Mingguan

  1. Petarung Sejati

    betul gan….
    selalu bikin rekap tiap akhir bulan/perencanaan awal bulan itu penting :mrgreen:
    perlu dikomunikasikan jg dengan pasangan

    Reply
  2. Pingback: Step 1 : Memiliki Penghasilan | Counting Down

  3. Rosa Adelina

    diskusi sama pasangan penting bgt emang mas.. trus pake istilah “uang jajan” untuk mingguan πŸ˜€ πŸ˜€ hal2 terprediksi jadi bisa direm.. alokasi kotak2 belanja itu mutlak, rekap deh πŸ˜€

    Reply
    1. Aree Post author

      Ya. Bahasan uang jajan pun nanti aku akan tulis…. trus bagaiman ngebreak down income ke pos2 masing2. Hm dirimu kayane bisa kasih masukan nih. Hehehe…

      Reply
  4. Pingback: Step 3 : Pergi ke ATM seminggu sekali | Counting Down

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s