Step 3 : Pergi ke ATM seminggu sekali

ATM

Setelah memisahkan pengeluaran bulanan dengan pengeluaran mingguan, apa yang harus di lakukan? Tentu Anda sudah punya anggaran bulanan dan mingguan bukan? Cobalah untuk tertib, pergi ke ATM cukup seminggu sekali berdasarkan anggaran.

Nah lho, mulai pada kelabakan. Tapi emang benar, terlalu sering ke ATM akan membuat mutasi rekening kita bagus, tapi saldo akan semakin tergerus tanpa kita sadari. Cobalah bijak, ambil uang untuk kebutuhan seminggu kedepan. Untuk memudahkan ada baiknya simpan uang dalam amplop atau sesuai pos-pos pengeluaran. Dengan memanfaatkan amplop, Anda akan dengan mudah mengontrol keuangan, terutama untuk menghindari overlapping anggaran.

Wah ribet amat kudu pake amplop? Berasa jaman purba ajah. Hm hal seperti itu pun bisa diatasi, banyak kan organizer untuk memilah-milah uang dengan tampilan yang eyecathcing. Saya sendiri sebagai cowok lebih memanfaatkan dompet dengan partisi yang banyak. Bahkan saya memisah menjadi dua dompet, satu untuk bulanan, satu untuk mingguan.

Cuman ya itu tadi, godaan ke ATM selalu mendera. Ketika mendekati weekend. Rasa galau terkadang ada. Untuk mengatasi saya terapkan reward and punishment. Kalo saya saat weekday bisa berhemat, maka disaat weekend bisa ada dana lebih untuk sekadar ber me time dengan belanja / jajan lebih banyak. Tapi sebaliknya, jika saya boros saat weekday, siap-siap ajah cukup berpuas diri nonton movie hasil download-an di laptop bertemankan semangkuk mie. -.-“

Yang patut di perhatikan di sini adalah mindset. Terkadang saat uang di dompet menipis, ada pikiran bahwa cukup ga ya…cukup ga ya…kemudian meluluhkan hati untuk kembali ke ATM. Duh, lebih parah lagi jika ada prasangka, kalo di jalan ada apa-apa atau jika ada kebutuhan mendesak gimana?

Oke, saya pun memiliki uang extra dengan jumlah tertentu. Uang itu selalu saya sembunyikan di dompet pada lokasi yang tertutup untuk uang jaga-jaga. Dengan cara ini, pikiran dan hati akan lebih tenang. Kenapa tertutup? Ya jelas, biar ta tergoda untuk menggunakannya. Kalo digunakan bukan dalam kondisi mendesak, sama ajah donk…. Hahaha

#may peace be upon us

Advertisements

One thought on “Step 3 : Pergi ke ATM seminggu sekali

  1. Pingback: Step 2 : Memisahkan Pengeluaran Bulanan Dengan Pengeluaran Mingguan | Counting Down

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s